12 Oktober 2007

Pemudik Sungai Duku 1.000 Orang/Hari

Memasuki H-5 Hari Raya Idul Fitri 1428 H, jumlah pemudik di Pelabuhan Sungai Duku dan Terminal Bandarraya Payung Sekaki terus meningkat. Peningkatan terjadi hampir dua kali lipat dari hari biasa.
Seperti di Pelabuhan Sungai Duku. Jika pada hari biasa, jumlah penumpang antara 400 sampai 500 orang, maka mendekati Idul Fitri meningkat hingga 1.000 orang per hari. Jumlah itu menurut petugas dari Dinas Perhubungan, Syafrudin Tanjung dan Amir Hamzah, hanya jumlah penumpang yang hendak berangkat ke Selat Panjang, Siak dan Bengkalis saja.

Adapun armada yang disiapkan untuk menampung para penumpang sedikitnya sekitar 18 sampai 20 unit kapal, mulai dari speedboat sampai Kapal Jelatik yang dapat diisi oleh ratusan penumpang.
‘’Meski Jelatik lambat, peminatnya sangat banyak,’’ ujar Syafrudin.
Data terakhir yang dimiliki Riau Pos, jumlah penumpang yang berangkat hingga kemarin, Ahad (7/10), mencapai 1.428 orang, sementara sehari sebelumnya jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Sungai Duku, hanya 786 orang. Sedangkan data, Senin (8/10) belum direkapitulasi.
Dari pantauan Riau Pos di Pelabuhan Sungai Duku, memang terlihat kesibukan para penumpang yang berbeda dari hari biasa. Kursi di ruang tunggu pelabuhan penuhi terisi calon penumpang. Ada juga yang terpaksa berdiri dan menunggu di teras dan halaman pelabuhan.
Peningkatan jumlah penumpang juga terlihat di Terminal Bandarraya Payung Sekaki. Tercatat pada Sabtu (6/10), jumlah penumpang masih 3.732 orang. Selanjutnya, Ahad (7/10), jumlah penumpang melonjak menjadi 5.603 orang. Padahal di hari biasa jumlah penumpang rata-rata hanya 1.500 sampai 2.000 orang.
Berita Lengkap : Riau Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak Dibaca