17 Oktober 2007

Mesjid Raya dan Makam Marhum Bukit serta Makam Marhum Pekan.

Mesjid Raya Pekanbaru terletak di Kecamatan Senapelan memiliki arsitektur tradisional yang amat menarik dan merupakan mesjid tertua di Kota Pekanbaru.Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketMesjid ini dibangun pada abad VIII dan sebagai bukti Kerajaan Siak pernah berdiri di kota ini pada masa pemerintahan Sultan Abdul Jalil Muazzam Syah dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai sultan keempat dan kelima dari Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Di areal Mesjid terdapat sumur mempunyai nilai magis untuk membayar zakat atau nazar yang dihajatkan sebelumnya. Masih dalam areal kompleks mesjid, kita dapat mengunjungi makam Sultan Marhum Bukit dan Marhum Pekan sebagai pendiri kota Pekanbaru.
Marhum Bukit adalah Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak ke-IV) memerintah tahun 1766 – 1780 Masehi, sedangkan Marhum Bukit sekitar tahun 1775 Masehi memindahkan ibukota kerajaan dari Mempura Siak ke Senapelan dan beliau mangkat tahun 1780 Masehi.

1 komentar:

  1. Mesjid Raya yang bewrada dekat pasar bawah apa namanya? yang ada makam datuk pekan juga? yang dekat dengan pelabuhan di sungai siak. saya tertarik dengan sejarah Sultan Siak, karena menurut cerita Ibu saya, ayahnya adalah putra Raja Siak yang hijrah ke Sungai Limau Pariaman, kemudian kawin dengan nenek (Ibu dari Ibu saya).
    Nama Datuk saya itu : Aminuddin gelar bagindo Legok, Nenek saya bernama Djuwahir. Kalau ada yang tahu tolong saya untuk menelusuri sejarah asal datuk saya itu, datuk saya lama di Malaysia (Selangor), di Bangi Kg. Sungai Buah sampai meninggal pada tahun 1951. dimakamkan disana.

    BalasHapus

Banyak Dibaca